Ketua DPRD Tapanuli Selatan Diganti

Ketua DPRD Tapanuli Selatan Diganti

Tapanuli Selatan - Ketua DPRD Kab. Tapanuli Selatan Periode 2022-2024, Husin Sogot Simatupang, memimpin sendiri rapat paripurna pergantian pimpinan DPRD Kab. Tapanuli Selatan. Rapat paripurna tersebut digelar berdasarkan surat masuk ke Sekretariat DPRD Kab. Tapanuli Selatan, Jum'at (16/9).

Surat nomor 170/9/BANMUS/2022 tersebut merujuk pada surat DPC Gerindra Kab. Tapanuli Selatan nomor ST-013/09-09/B/DPC-GERINDRA/2022 perihal pengajuan pergantian pimpinan DPRD Kab. Tapanuli Selatan dan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kab. Tapanuli Selatan periode 2022-2024 yang telah menetapkan bahwa pergantian pimpinan DPRD Kab. Tapanuli Selatan telah disepakati dan dihadiri oleh 95 persen anggota DPRD Kab. Tapanuli Selatan.

Rapat paripurna pergantian pimpinan DPRD tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kab. Tapanuli Selatan, Husin Sogot Simatupang, dalam rapat tersebut ditetapkan Abdul Basith Dalimunthe menjadi pengganti dirinya sebagai Ketua DPRD Kab. Tapanuli Selatan periode 2022-2024.

Berdasarkan pantauan awak media, setelah membacakan hasil rapat Banmus, Husin Sogot Simatupang menghampiri seluruh anggota DPRD Kab. Tapanuli Selatan yang dimulai dari Abdul Basith Dalimunthe yang akan menggantikannya sebagai Ketua DPRD. Terlihat Ketua DPRD yang baru saja ditetapkan tersebut memberikan hormat kepada Husin Sogot Simatupang yang tidak lain adalah seniornya di Partai Gerindra.

Peristiwa yang terjadi di ruang sidang paripurna Sekretariat DPRD Kab. Tapanuli Selatan tersebut sontak menuai apresiasi dari berbagai pihak. Diantaranya Sarif M. Musannif dan Zoirun Ansori Simanjuntak. Dikatakan bahwa peristiwa tersebut adalah sebuah pelajaran politik yang sangat berharga di era milenial ini.

"Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Husin Sogot Simatupang. Selama memimpin DPRD Tapanuli Selatan, kami menilai beliau telah berhasil menjalankan tugas dan fungsinya. Begitu juga kejadian hari ini, itu adalah contoh bersikap yang sangat matang dari seorang politikus." Ujar Zoirun Ansori yang saat ini diketahui aktif sebagai Advokat.

Menyambung pernyataan Zoirun Ansori, Sarif M. Musannif yang juga Ketua Aliansi Mahasiswa Pemuda Pejuang Rakyat Tapanuli Bagian Selatan mengatakan bahwa sikap yang diperlihatkan Husin Sogot Simatupang tersebut layak dijadikan teladan dalam berpolitik.

"Layak dijadikan salah satu teladan, sikap yang diambil oleh beliau luar biasa, sportif dan bertanggungjawab. Kehadirannya dalam sidang dan membacakan langsung hasil rapat banmus diluar dugaan orang banyak. Biasanya para politikus akan bersiteru jika terjadi hal demikian, tapi ini luar biasa, layak dijadikan teladan dalam berpolitik." Papar Sarif.

Hal senada juga diutarakan oleh Wirman Nasution, pria yang dikenal aktif mengkritik kebijakan pemerintah ini mengatakan bahwa sikap Husin Sogot Simatupang tersebut adalah bukti kematangannya dalam berpolitik.

"Kita menilai itu adalah bukti kematangan beliau dalam berpolitik. Sama-sama kita ketahui bahwa Partai Gerindra baru pada periode ini berada di puncak, memimpin di Kabupaten Tapanuli Selatan dan itu dinahkodai oleh Bapak Husin Sogot Simatupang. Sikap yang ditunjukkan beliau hari ini akan menjadi pembelajaran bagi politikus lain serta generasi yang akan datang, itu menegaskan bahwa kepentingan masyarakat berada di atas segalanya." Ujar Wirman.

Untuk ketua DPRD yang baru ditetapkan, dikatakan agar lebih baik lagi dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin di lembaga pembuat regulasi tersebut.

"Untuk pimpinan yang baru, kita berharap agar lebih baik lagi, terlebih beliau posisinya menggantikan kepemimpinan. Harus lebih baik dari sebelumnya, karena masih banyak masalah-masalah prioritas yang belum terselesaikan di Tapanuli Selatan sampai saat ini. Khususnya persoalan pemerataan pembangunan dan angka kemiskinan." Tutup Zoirun.