Camat Medan Belawan Bersama BNN Sumut Penyuluhan Bahaya Narkoba.

Camat Medan Belawan Bersama BNN Sumut Penyuluhan Bahaya Narkoba.

Belawan-poindonews.com | Maraknya peredaran narkoba dan semakin meningkatnya jumlah pemakai membuat keresahan ditengah-tengah masyarakat. Hal ini tentunya menjadi pekerjaan yang harus dipikul bersama, dan kerjasama semua pihak.

Demikian isi pokok yang disampaikan oleh narasumber saat melakukan penyuluhan dan sosialisasi bahaya narkoba yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Medan Belawan, Rabu (13/12/2022).

Kegiatan penyuluhan yang dihadiri perwakilan BNN Sumut ini juga telah dilaksanakan di 38 kelurahan dan desa yang ada di Sumatera Utara.

Selain itu, hadir juga perwakilan Polres Pelabuhan Belawan, Subdempom I/5 Belawan, Camat Belawan dan para kepling serta tokoh masyarakat setempat.

Saiful Azwar dari Badan Narkotika Nasional Sumatera Utara menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan kerjasama dengan Polres Pelabuhan Belawan dalam memberantas peredaran narkoba yang kasusnya terus meningkat.

“Selain kepolisian, peran masyarakat dan orangtua juga sangat dibutuhkan untuk memberantas kejahatan yang satu ini,” jelasnya.

Dikatakan Azwar, masyarakat harus berani melaporkan bila melihat peredaran narkoba dilingkungan tempat mereka tinggal.

“Yang harus di berantas itu bandar atau pengedarnya yang telah merusak generasi penerus. Sedangkan untuk pemakai, mereka hanya korban yang harus diselamatkan agar tidak terjerumus lebih jauh lagi,” imbuhnya.

Untuk memutus rantai peredaran narkoba di lingkungan masyarakat, orangtua juga harus memberikan nasihat tentang bahaya narkoba terutama kepada anak mereka sendiri.

Karena yang dirugikan menurut Azwar adalah orangtua, bilamana mendapatkan anaknya menjadi pengguna narkoba dan ketangkap.

“Jadi untuk menghindari hal itu, peran serta orangtua dalam membentengi,dan juga memberi nasehati anaknya agar jauh dari narkoba harus terus dilakukan, jangan pernah bosan memberikan nasihat,” pungkasnya. (Zufrizal tanjung).