PD Mathla'ul Anwar Kota Medan Sambut Jamaah Haji: Selamat Datang Agen Perbaikan Bangsa

PD Mathla'ul Anwar Kota Medan Sambut Jamaah Haji: Selamat Datang Agen Perbaikan Bangsa
Sekretaris Pengurus Daerah Mathla'ul Anwar Kota Medan, Islahuddin

Medan - Sekretaris Pengurus Daerah Mathla'ul Anwar Kota Medan, Islahuddin mengucapkan selamat datang kepada jamaah haji yang telah mulai kembali ke tanah air mulai Selasa (4/7/2023).

"Selamat datang Para Jamaah. Doa tulus kita semoga menjadi haji yang Mabrur," ujarnya, Rabu (5/7/2023).

Islahuddin mengingatkan bahwa jamaah haji adalah tulang punggung kemajuan bangsa. 

"Berdasarkan sejarah, Haji ialah agen perbaikan. Pada kurun abad ke 19 dan awal abad ke 20, ruh berhaji rakyat Indonesia atau Nusantara saat itu menjadi identitas kebangsaan dan anti penjajahan," ujarnya.  

Sebelumnya, di abad 18, Haji juga jadi titik untuk para anak bangsa pergi belajar agama ke Mekkah dan kembali ke negerinya untuk menebarkan ilmu. 

Di masa pemerintah Hindia Belanda kala itu, sampai-sampai mempersulit ibadah haji. Bahkan pada 1872, pemerintah mewajibkan jamaah haji mendapatkan cap di konsulat Hindia Belanda di Kota Jeddah. 

"Pemerintah kolonial pun mengawasi orang yang telah pulang haji. Itulah mengapa di Indonesia orang yang baru pulang dari Mekkah ditambah gelar Haji di depan nama agar mudah dikenali dan diawasi," jelasnya. 

Hujjaj ialah mereka yang punya spirit anti penjajahan. Merekalah telah mengambil hikmah haji yang penuh dengan kesetaraan dan egaliter. 

Oleh karena itu, menurut pengurus DPD KNPI Kota Medan itu, di zaman sekarang, jama'ah Haji-lah pula yang menjadi tulang punggung kemajuan Indonesia. Menjadikan Indonesia menjadi superpower baru. 

"Ibadah haji mengajarkan tiap muslim berpikir global untuk kemudia bertindak lokal dalam arti membangun negaranya," ujarnya.

Spirit perbaikan Haji dari Zaman ke Zaman ini bisa merupakan salah satu indikator kemabruran dalam arti meningkatnya kesalehan sosial. 

"Bangsa ini sedang membutuhkan pahlawan -pahlawannya, kita percaya para jamaah haji Indonesia bukan orang yang menganggap ibadah haji sebagai hal biasa apalagi cuma wisata," tandasnya.

Sebelumnya diketahui mulai Selasa, jamaah haji asal Indonesia sudah mulai kembali ke negara.