Penyuluh Agama Islam Kemenag Medan Fokus Memberikan Bimluh Di Wilayah Medan Utara

Penyuluh Agama Islam Kemenag Medan Fokus Memberikan Bimluh Di Wilayah Medan Utara

Medan, Poindonews.com- Negara melalui Kementerian Agama tidak pernah absen dalam rangka membangun masyarakat khususnya terkait akhlak dan moralitas serta bangunan pondasi keagamaan. Hal itu merupakan satu di antara fungsi yang diemban yakni informatif, edukatif, konsultatif dan Advokatif.

Demikian disampaikan Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama Kota Medan, Sugianto S.HI saat memberikan bimbingan dan penyuluhan di Masjid Al-Ishlah, Jl. Platina IV Lingkungan X Titi Papan Kecamatan Medan Deli , Kota Medan, Ahad (6/10/2024).

“Secara khusus Kepala Seksi Bimas Islam Bapak H. Ahmad Kamil Harahap S,Ag MA mengarahkan kami untuk memusatkan kegiatan Bimbingan Penyuluhan ke Wilayah Medan Utara yakni Medan Deli, Medan Marelan, Medan Labuhan dan Medan Belawan, maka kami berusaha untuk menindaklajuti arahan tersebut melalui penyampaian program-program Kementerian agama, memberikan sarana berkonsultasi dan memberikan pembinaan dan bimbingan penyuluhan di wilayah Medan Utara,” ujarnya.

Ustadz Sugianto melanjutkan, bahwa dengan keterbatasan jumlah penyuluh agama,  membuat para dirinya dan penyuluh lain harus mampu membangun mental masyarakat, menjadi penyambung lidah dalam menyampaikan dakwah dan bersinergi dalam membangun masyarakat yang berakhlak melalui nilai-nilai agama dengan memberikan kaderisasi.

Sementara itu, Pengurus Masjid Al-Ishlah Eko Suhartono mengatakan bahwa Ustadz Sugianto SHI adalah guru bagi kami yang tinggal di lingkungan Kecamatan Medan Deli.

“Beliau sudah cukup lama mendedikasikan ilmu dan juga perhatian nya untuk berdakwah di wilayah Medan Deli, salah satunya di masjid Al Ishlah ini, beliau bukan hanya mengajar tapi juga mengkader kami, beliau sebagai Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama Kota Medan selalu mensosialisasikan program-program Kementerian Agama dan meminta kami untuk dapat bersinergi dengan program-program tersebut dalam rangka membangun akhlak dan moralitas umat dalam berbangsa,” jelas sosok yang juga yang juga Pembina IRMA (Ikatan Remaja Masjid Al Ishlah) itu.

Eko mengatakan bahwa sebagai penyuluh agama, Ustadz Sugianto telah melatih pemuda dan jamaah untuk dapat berkontribusi di tengah-tengah masyarakat.

“Beliau selalu menekankan dakwahkan agama melalui kegiatan-kegiatan sosial dan buat kegiatan-kegiatan sosial yang bernuansa agama, salah satu inisiasi beliau yang saat ini sudah menjadi kegiatan rutin kami adalah khitanan masal Dimana sebelumnya kegiatan ini tidak pernah kami lakukan sebelumnya dan sekarang menjadi kegiatan rutin tahunan,” jelasnya.

Selain itu, Ustadz Sugianto juga mendorong anak-anak muda untuk berkurban serta terjun langsung memberikan pelatihan pelaksanaan sembelih kurban dan pengelolaannya.  

“Sekarang anak-anak muda di sini setiap tahun mereka turut berkurban dan membentuk panitia sendiri,” tandasnya.