DPC FKDT Labuhanbatu Gelar PORSADIN Ke-VI

DPC FKDT Labuhanbatu Gelar PORSADIN Ke-VI

Rantauprapat, Jum'at (06/09/2024) sore, Dewan Pengurus Cabang Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DPC FKDT) Kabupaten Labuhanbatu gelar Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) Ke-VI di Gedung Olahraga Rantauprapat. 

Turut hadir dalam kegiatan itu Plt. Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, Kakan Kemenag Labuhanbatu  Dr. H. Asbis Pasaribu, S.Ag., MA., Dandim 0209/Labuhanbatu Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro, S.IP., Ketua KONI Labuhanbatu H. Boster Sitio, Asisten I Setdakab Drs. Sarimpunan Ritonga, Kepala Cabang Bank Sumut Rantauprapat Indra Syah Edison, Kadis Porabudpar Labuhanbatu, Kasi Pd. Pontren Kemenag Labuhanbatu, Kasi Bimas Kemenang, Labuhanbatu, Pengurus FKDT dan Guru-guru MDTA se-Labuhanbatu, serta Ratusan peserta Diniyah dari berbagai daerah se-Labuhanbatu. 

Dengan mengangkat tema "Jayakan Negeri dengan Budi Pekerti dan Diniyah yang Berprestasi", kegiatan itu akan dihelat selama tiga hari. 

"Adapun jumlah peserta Porsadin VI ini diikuti enam ratusan peserta se-labuhanbatu yang telah diseleksi, insya Allah akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 06 s/d 08 September 2024", ungkap Ketua Panitia, Khairul Anwar Pasaribu, S.Pd.I.

Adapun cabang lomba yang akan diperlombakan sebanyak tiga belas cabang olahraga dan seni. Diantaranya ; Bulu Tangkis, Tenis Meja, Catur, Lari Sprint 100 Meter, MTQ, MQK, Tahfidz Juz Amma, Murottal Wal Imla', Kaligrafi, Puisi Islami, Cerdas Cermat Diniyah, Pidato Bahasa Indonesia,  dan Pidato Bahasa Arab.

"Adapun jumlah cabang lomba yang dipertandingkan sebanyak tiga belas cabang, empat cabang seni, dan delapan cabang seni", tutur Anwar. 

Sementara itu, Ketua DPC FKDT Labuhanbatu, Aliamsah Ritonga, M.Pd., dalam kata sambutannya mengucapkan apresiasi dari semua pihak yang mendukung kegiatan tersebut. 

"Terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang mendukung kegiatan Porsadin ini, terkhusus Ibunda kami Bupati Labuhanbatu, Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd.,MM., Ayahanda kami, Kakan Kemenag Labuhanbatu Dr. H. Asbin Pasaribu, S.Ag., MA., Mitra kami Kadis Porabudpar Hulwi, S.E., Abang kami H. Boster Sitio, dan seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu", ucapnya. 

Lebih lanjut, Aliamsah menuturkan pihaknya mengajak kepada semua pihak untuk terus lebih giat lagi bahu-membahu dalam mengembangkan Diniyah yang ada di Kabupaten Labuhanbatu. 

"Insya Allah kami akan terus berkomitmen untuk mengembangkan Diniyah yang ada di kabupaten kita ini, oleh karena itu kami juga berharap agar kiranya seluruh mitra kami di Kabupaten Labuhanbatu dapat mendukung dan memperhatikan kami. Kita mungkin punya tujuan yang sama, sama-sama ingin membangun Kabupaten Labuhanbatu ini, hanya saja, beginilah cara kami dalam berbuat, melalui jalur non formal dengan mengembangkan bakat-bakat yang ada pada Diniyah", tutur Aliamsah. 

Sementara itu, Kakan Kemenag Labuhanbatu, Dr. H. Asbin Pasaribu, S.Ag., MA dalam sambutan nya mengatakan bahwa peserta dari Kabupaten Labuhanbatu di tahun lalu sudah mengikuti PORSADIN di tingkat Nasional dan mendapatkan juara 2.

“Mudah-mudahan di tahun ini, Kontingen dari Labuhanbatu dapat mengikuti kembali PORSADIN di tingkat Nasional dan menjadi juara 1”, katanya.

Dalam kesempatan itu juga, Plt Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd.,MM memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi penyelenggaraan PORSADIN VI Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2024.

Menurutnya, kegiatan PORSADIN merupakan wadah yang tepat untuk pengembangan bakat dan minat santri dalam bidang olahraga dan seni.

"Melalui kegiatan PORSADIN merupakan hal yang amat tepat untuk mengembangkan bakat dan minat santri diniyah, selain santri-santri diharuskan untuk mampu tampil mengasah mental, juga harus mampu untuk ulet dan tekun agar memperoleh prestasi”, ungkapnya. 

Ia juga berpesan kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan PORSADIN dengan sebaik-baiknya dan menjunjung tinggi sportifitas.

” Atas nama Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu saya mengucapkan Saya mengucapkan Selamat dan Sukses Porsadin ke-VI Kabupaten Labuhanbatu, semoga melalui kegiatan ini nanti lahir generasi diniyah Berbudi Pekerti dan Berprestasi”, tutup Plt. Bupati. 

Sebelumnya para kontingen yang berasal dari 9 Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu pawai mulai start dari Pendopo Bupati Labuhanbatu menuju GOR. Pawai tersebut dilepas langsung oleh Plt. Bupati Labuhanbatu.

Editor : MQS