Jelang Pelantikan, FODIUM Sumut Gelar Seminar Nasional

Jelang Pelantikan, FODIUM Sumut Gelar Seminar Nasional
Fodium Sumut menyelenggarakan Seminar Nasional

Medan, Poindonews.com  Forum Da'i dan Ustadz Muda (FODIUM) Sumatera Utara menyelenggarakan Seminar Nasional, Sabtu (7/9/2024) di Hotel Madinatul Munawwarah, Asrama Haji Jalan AH Nasution Medan. Seminar Nasional mengangkat tema "Da'i Muda Nusantara Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta".

Ketua Umum FODIUM Sumut, H. Muhammad Yasir Tanjung S.PdI dalam sambutannya menjelaskan kegiatan Seminar Nasional merupakan rangkaian acara menjelang pelantikan pengurus FODIUM Sumut yang akan diselenggarakan pada 14 September 2024. 

"Pelantikan FODIUM juga dirangkai dengan acara Konser Dakwah, Qasidah dan Sholawat.  Kami juga berterimakasih pada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang sejauh ini telah bekerjasama dengan baik dengan Fodium," ujarnya. 

Di Kepengurusan FODIUM Sumut 2024-2029 terpilih sebagai Ketua Umum H.M Yasir Tanjung S.PdI, Sekretaris Umum Ardin Gea SPdi dan Bendahara Umum Syahmuda Manurung S.HI.

Dalam perjalanan FODIUM Sumatera Utara yang sudah berjalan 7 tahun, lanjut  H. M Yasir sosok yang juga merupakan Ketua Forum Kerukunan umat Beragama (FKUB) Kota Medan, bahwa Fodium tahun ini resmi melaunching lagu Mars Fodium. Lagu Mars Fodium diciptakan oleh Hj Solhiyah Yunus. 

H.M Yasir juga mengajak para ustadz muda Se-Sumatera Utara untuk tetap semangat dalam menjalankan tugas-tugas dakwahnya. 

Sementara itu, Dewan Pertimbangan FODIUM Sumut, H. Bambang Irawan Hutasuhut MA berharap kehadiran FODIUM memberikan ruang perbaikan dalam segala bidang baik umat, pendidikan, siyasah, maupun gerak organisasi berbasis keumatan.

Ia kagum dengan kinerja dan semangat dari sosok HM Yasir Tanjung dalam membesarkan organisasi yang pada mula awalnya hanya terdiri dari beberapa orang ustadz muda saja. 

"Kita berharap FODIUM bisa Go Nasional. Menjadi organisasi tingkat nasional yang ada di setiap provinsi di Indonesia," ujarnya. 

Sedangkan Pj Gubernur sekaligus Dewan Pembina FODIUM Sumut, yang diwakili Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah H. Ramadhani Lubis mengajak para da'i dan Ustadz Muda untuk terus menambah ilmu karena tugas FODIUM sangatlah berat. 

"Sebagaimana lirik Marsnya tugas Fodium berat dan mulia. Merubah sikap dan sifat umat mengajak insan berakhlak mulia. Di pundak da'i dan ustadz muda inilah akhlak mulia generasi ingin dibentuk," ujarnya. 

Ia pun berjanji akan mendorong pemerintah-pemerintah daerah untuk turut serta membangun FODIUM di daerahnya. 

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur juga mengajak untuk turut mensukseskan PON yang saat ini diselenggarakan di Sumut. 

"Ada 34 cabang olahraga (cabor) akan diadakan di Sumut. Penutupan PON juga akan diselenggarakan di Sumut," ujarnya.  

Adapun narasumber dalam Seminar ini adalah Dewan Pertimbangan FODIUM Sumut Dr. H. Tuah Sirait, M.H.I, Guru Besar UIN Sumut Prof. Dr. H. Azhari Akmal Tarigan, M.A dan Ketua PD Al-Washliyah Kota Medan Dr. Abdul Hafiz, M. IKom.

Sebelumnya Ketua Panitia Seminar Nasional, Sofyan Sauri menyampaikan bahwa peserta seminar berjumlah 147 peserta yang hadir Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kota Tebingtinggi, Simalungun, Siantar, Batubara, Sergai, hingga Kota Tanjungbalai. 

Peserta berasal dari 9 pengurus daerah Fodium se-Sumut, ormas-ormas Islam kepemudaan dan beberapa kampus dan sekolah seperti UIN Sumut, UNUSU , UISU dan Universitas Panca Budi serta SMA YP Shaffiyatul Amaliyah.