Tim Dosen Biologi Unimed Melaksanakan Pengabdian ke Kelompok Petani Desa Telaga Tujuh

Tim Dosen Biologi Unimed Melaksanakan Pengabdian ke Kelompok Petani Desa Telaga Tujuh

Medan, poindonews.com - Universitas Negeri Medan mengadakan pengabdian ke masyarakat dengan program pemanfaatan teknologi tepat guna mesin kukuran listrik dan peras santan dalam mengembangkan produk olahan kelapa, Sabtu (18/5) di Desa Telaga Tujuh, Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang. 

Ketua Tim Drs. Puji Prastowo, M.Si  menjelaskan program ini menawarkan solusi untuk membantu para petani kelapa mengatasi masalah dalam pengolahan produk berbahan dasar kelapa yang memiliki nilai jual dan dapat dikerjakan dalam skala rumah tangga.

"Hal itu  tentunya dapat tercapai ketika para petani bisa beralih memanfaatkan teknologi tepat guna agar hasil yang diperoleh lebih optimal dan berdampak positif terhadap masyarakat," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Drs Puji Prastowo, M.Si yang didampingi anggota 
Dr.Nurul Huda Panggabean, S.Pd., M.Si, Dwi Ratna Anjaning Kusuma Marpaung, M.Si, Findi Septiani, M.Pd dan Yossie Ulfa Nuzalifa, M.Pd serta mahasiswa biologi UNIMED  juga menyerahkan alat berupa mesin kukuran listrik dan mesin peras santan manual kepada mitra yakni Kelompok Tani  berkebun kelapa yang dipimpin oleh M. Yusuf.A.Ma.

Dalam kesempatan ini, Yusuf berterima kasih atas pengabdian yang dilakukan oleh Drs Puji Prastowo, M.Si dan tim. 

"Terimakasih kepada Pak Puji dan tim yang sudah memberikan alat juga melatih  petani meningkatkan keterampilan petani kelapa dalam menciptakan produk produk olahan kelapa yang bernilai jual, sehingga sumber daya kelapa yang berlimpah di Desa Telaga Tujuh ini tidak hanya dimanfaatkan untuk penjualan di pasar dan konsumsi rumah tangga, namun juga dapat diolah menjadi produk bernilai jual yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat telaga tujuh" ujarnya. 

Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan efektifitas hasil panen kelapa yang menjadi sumber  pendapatan masyarakat serta meningkatkan pendapatan keluarga melalui penjualan produk olahan kelapa. 

Adapun produk olahan kelapa yang dihasilkan antara lain Virgin Coconut Oil (VCO), Sirup dari Air Kelapa, Mulsa tanaman dari ampas kelapa dan pupuk organik cair dari ampas. 

Salah satu Anggota tim Dr. Nurul Huda Panggabean, S.Pd, M.Si  juga mengucapkan terimakasih kepada pihak kampus yang telah mendukung pengabdian masyarakat ini. "Terima kasih kepada Universitas Negeri Medan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)  atas pendanaan kegiatan pengabdian ini" tandasnya.