DPP LSM. Formapera Akan Laporkan Kegiatan Bimtek Kepala Desa Se - Padang Lawas Ke KPK

DPP LSM. Formapera Akan Laporkan Kegiatan Bimtek Kepala Desa Se - Padang Lawas Ke KPK

Medan, poindonews.com | Di duga sumber ajang bencana mencari ke untungan, DPP LSM. Formapera Sumut akan laporkan kegiatan bimbingan teknik (Bimtek) desa se Kabupaten Padang Lawas ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Hal ini di ungkapkan Sekjen. DPD. LSM. Formapera Sumut Bambang Syahputra di salah satu cafe di Kota Medan,Jum'at (22/9 /2023).

Menurut Sekjen. Formapera Bambang Syahputra saat melakukan konferensi pers dengan awak media, Bimtek kepala desa yang berjumlah 303 desa se kabupaten Padang Lawas di lakukan pada tahun 2023. Menurut informasi yang di laksanakan sekitar puluhan kali di tahun 2023. Hal ini jelas ada kecurigaan, indikasi pencarian keuntungan di balik kegiatan bimtek yang di motori pengurus APDES Kabupaten Padang Lawas yang di Ketuain Hamdani Daulay .

" Hasil pantauan kami kegiatan bimtek sepertinya tidak bermanfaat dan di duga ada indikasi penghambur hamburan uang dana desa yang seharusnya untuk kesejahteraan masyarakat desa .hal ini jelas saat Pelaksanaan bimtek desa se kab. Padang lawas terakhir yang di laksanakan 14 s/d 17 September 2023 berlokasi di 3 hotel di Kota Medan hmHotel Danau Toba, Gotel Cental dan Hotel Swiss Belim In sempat menuai protes masyarakat dan mahasiswa Kabupaten Padang Lawas,"ujar Bambang 

" Selain itu menurut data pada kegiatan bimtek desa di bulan September ini di lakukan sudah dua kali berturut - turut seminggu sekali, minggu kedua dan minggu ke tiga bulan September, jelas Bambang. Ini ada dugaan pencarian keuntungan yang di lakukan oknum - oknum tertentu yang sengaja memanfaatkan dana desa yang bersumber dari uang negara dengan modus kegiatan bimtek," pungkasnya.

Terkait dugaan korupsi dengan modus kegiatan bimtek desa se Kabupaten Padang Lawas DPP LSM. Formapera akan melayangkan surat laporan resmi ke Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) dalam beberapa hari ke depan.

Dalam hal ini DPP. LSM Formapera melaporkan pihak Dinas PMD Kabupaten Padang Lawas dan Pengurus APDES Kabupaten Padang Lawas yang di duga terlibat dalam kegiatan bimtek. (Ari Wibowo).