PENTINGNYA KESADARAN POLITIK BAGI MAHASISWA DILUAR NEGERI

PENTINGNYA KESADARAN POLITIK BAGI MAHASISWA DILUAR NEGERI

Bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri sangatlah penting sadar terhadap politik dan ini memiliki dampak yang sangat signifikan, baik itu bagi individu sendiri maupun bagi masyarakat yang luas. Tentunya terlepas dari yang namanya akademik, mahasiswa juga dituntun peka terhadap problematika yang terjadi didalam perpolitikan, salah satu alasan yang sangat mendasar bahwa mahasiswa adalah agent of change artinya mahasiswa berperan penting dalam berbagai aspek di masyarakat dan termasuk di dunia politik. disisi lain mahasiswa juga sebagai penyambung lidah atau bisa dikatakan sebagai perantara untuk menyuarakan keadilan masyarakat terlebih lagi bahwa masasiswa merupakan sosok terpelajar dan hal ini lah yang membuat mahasiswa harus peka dan sadar akan yang terjadi saat ini dimanapun mengenai politik.

Mahasiswa sebagai bagian dari generasi muda yang memiliki peran penting dalam menyuarakan kepentingan rakyat dan mekritisi kebijakan pemerintah. Ntah itu menggunakan aksi unjuk rasa ataupun negosiasi dan ber audiensi untuk menyampaikan ketidakpuasaan terhadap kebijakan yang dianggap tidak adil, nantinya itu ditujukan kepada pemerintah ataupun DPR yang bertanggung jawab atas kebijakan yang diberlakukan. 

Lantas sebagai mahasiswa yang berkuliah di luar negeri bagaimana peran di dalam perpolitikan? Peran mahasiswa dalam dunia politik lagi-lagi memiliki signifikansi yang tinggi dan potensial yang besar untuk membawa perubahan positif di masyarakat. Mahasiswa adalah satu kelompok yang memiliki semangat dan memiliki keberanian untuk memperjuangkan keadilan, demokrasi, dan isu-isu sosial yang relevan. Pertama, pemahaman terhadap konteks global, artinya bahwa mahasiswa yang belajar di luar negeri memiliki kesempatan untuk memahami berbagai persepektif politik dan sosial yang berbeda. Kesadaran politik membantu mahasiswa menganalisis situasi negara dimana tempat mereka belajar dan membandingkannya dengan kondisi di negara asal, ini nantinya akan memperluas wawasan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kedua, meghadapi tantangan global, kita ketahui bersama bahwa di era globalisasi ini mahasiswa menghadapi banyak sekali berbagai isu-isu global, seperti perubahan iklim, ketidakadilan ekonomi, dan konflik internasional.

Kesadaran politik memungkinkan mahasiswa untuk dapat berkontribusi aktif dalam diskusi dan memberikan pandangan kritis serta mengambil peran dalam advokasi dan perubahan sosial. Ketiga, kesadaran mahasiswa terhadap politik juga membantu mahasiswa mengembangkan identitas yang lebih kuat sebagai warga negara. Belajar menghargai nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, dan keadilan sosial, yang semua itu sangat penting untuk membangun masyarakat yang lebih baik lagi kedepannya. Keempat, memperkuat jaringan internasional, kesadaran politik ini menurut saya memungkinkan mahasiswa untuk dapat berinteraksi dengan berbagai kelompok dan organiasi internasional yang memiliki tujuan serupa. Ini dapat membuka peluang untuk berkolaborasi, pertukaran ide, dan menciptakan jaringan yang berguna untuk masa depan, karena saat ini bukan lagi zamannya berkompetisi namun zaman berkolaborasi. Terakhir, mendorong tindakan kemanusiaan ini sangatlah penting karena kesadaran poitik juga mendorong mahasiswa untuk dapat terlibat dalam aksi-aksi sosial dan kemanusiaan. Mahasiswa dapat menjadi agen perubahan di masyarakat, baik di negara tempat belajar maupun di negara asal.

Mahasiswa memiliki peran untuk mengawal dan mengkritisi kebijakan pemerintan walaupun sedang tidak berada di Indonesia atau sedang berkuliah di luar negeri, mahasiswa mampu mengidentifikasi kebijakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat, serta memperjuangkan perubahan yang lebih baik lagi. Disamping itu juga bahwa dari mahasiswa juga dapat membangun kesadaran politik dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam proses berdemokrasi, dengan sadarnya mahasiswa terhadap politik maka mereka dapat memberikan edukasi mengenai hak-hak politik, nilai-nilai demokrasi, dan pentingnya pemilihan yang berkualitas. Dengan melibatkan dirinya ke diskusi publik, debat, atau kegiatan politik lainnya, mahasiswa dapat memberikan motivasi ke masyarakat luas dimanapun berada untuk lebih berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan politik.

Intinya bahwa kesadaran berpolitik bagi mahasiswa di luar negeri bukan hanya tentang memahami politik di negara lain saja, tetapi juga tentang membangun kapasitas untuk berkontribusi secara positif kepada masyarakat global. Dengan meningkatkan kesadaran politik, mahasiswa dapat menjadi pemimpin masa depan yang lebih baik, mampu menghadapi tantangan dunia dengan cara yang konstruktif dan iknlusif.

Opini dari Naufal Rifqi Nasution
Mahasiswa Magister Managerial Communication di Universiti Utara Malaysia
Dan Pengurus PPI Dunia bidang Pelayanan Sosial dan Masyarakat Inklusif 2024/2025